Mechanical Keyboard VS Keyboard Biasa, Bedanya apa ya?


Perbedaan Keyboard Mechanical dan Keyboard Biasa

Seringkali kita melihat orang mengetik menggunakan keyboard di zaman kini, bermula dengan alat yang disebut mesin ketik atau typowriter dan sekarang namanya sudah menjadi keyboard dan sudah menjadi lebih canggih. Mungkin rata rata orang hanya mengetahui bahwa semua keyboard itu sama, mengetik kata kata di komputer/laptop dan tidak ada bedanya. Kenyataannya di dunia zaman sekarang ada 2 jenis keyboard, yaitu keyboard membran dan keyboard mechanical.







Keyboard Membran


Keyboard membran atau biasa yang disebut dengan keyboard biasa jika dilepas tombol keyboard nya pasti akan ada karet membran dibawahnya. Karet membran itu fungsinya untuk membuat kontak antara tombol dan PCB (Printed Circuit Board). Sehingga jika Anda menekan tombol itu, maka PCB akan langsung memasukkan kata ke komputer dari tombol yang Anda tekan.


Umur keyboard membran pun tidak sama dengan umur keyboard mechanical, dikarenakan build quality keyboard membran lebih rendah daripada keyboard mechanical. Tetapi jika Anda hanya pemakai komputer yang sekadarnya, seperti untuk mengerjakan tugas saja, menyelesaikan pekerjaan, keyboard ini sangatlah cocok bagi Anda, dan harganya pun tidak terlalu mahal mulai dari RP 30.000 sampai dengan RP 100.000.




Keyboard Mechanical



Berbeda dengan keyboard membran, keyboard mechanical pada dasarnya menggunakan switch fisik aktual dibawah tombol nya. Sehingga keyboard ini lebih memiliki waktu respon yang cepat daripada keyboard membran, tidak hanya itu, umur keyboard ini pun akan awet dan tidak akan gampang rusak.

Jika Anda adalah seseorang yang sering mengetik, seperti penulis atau bahkan gamers keyboard ini cocok sekali dengan Anda karena keyboard ini di desain untuk itu.





Mechanical keyboard juga memiliki berbagai macam switch, tidak seperti keyboard membran yang hanya satu jenis yaitu menggunakan karet membran. Dan switch keyboard pun ada 2 tipe, yaitu tactile dan linear. Tactile yaitu jika kita menekan tombolnya kita akan merasakan feedback dari tombol yang kita tekan, sedangkan linear kita tidak akan merasakan feedback apapun dari tombol yang kita tekan.


  • Red Switch
Keyboard mechanical yang menggunakan Switch berwarna merah tidak akan terlalu berisik seperti halnya keyboard mechanical yang menggunakan switch lainnya, kecuali jika telinga Anda sensitif, anda pasti akan mendengar suaranya meskipun hanya sedikit. Switch merah ini pun sangatlah ringan, jadi anda tidak perlu menekan tombol dengan tenaga. Switch merah ini termasuk tipe linear.

  • Black Switch
Switch hitam ini dirancang untuk gamers yang barbar, yang suka menyiksa keyboardnya sendiri. Karnea switch hitam ini berat dan akan lebih awet jika ditekan meski memakai tenaga yang berlebihan. Tipe switch ini adalah linear.

  • Blue Switch
Switch biru ini cocok bagi Anda yang suka mendengar suara keyboard, karena switch ini mengeluarkan suara yang cukup keras, tidak terlalu keras tetapi cukup. Switch ini termasuk tipe tactile karena bunyinya yang cukup keras.

  • Clear Switch
Switch bening ini dirancang untuk kepolosan, yaitu tidak berisik dan tidak berat pula. Jika Anda memakai switch ini suara keyboard akan benar benar minimalis kecuali bagi pendengar yang sensitif. Switch ini pun sangatlah ringan, dan switch ini bertipe tactile.

  • Green Switch
Switch ini sama seperti black switch, yaitu berat. Tetapi switch ini sangatlah berisik, bahkan lebih berisik daripada switch biru, tetapi switch ini bisa meminimalisir kecelakaan untuk keyboardnya sama hal nya seperti switch hitam. Switch ini bertipe tactile.

  • Brown Switch
Switch ini termasuk switch yang ringan, suaranya pun hampir tidak terdengar kecuali bagi pendengar yang sensitif. Switch ini bertipe tactile.





























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Sinar Matahari di Pagi Hari

Sulit menurunkan berat badan? Ini penyebabnya!