Manfaat Sinar Matahari di Pagi Hari



Kita semua tahu bahwa berjemur di pagi hari sangatlah menyehatkan bagi tubuh kita, tetapi kebanyakan orang tidak tahu apa saja manfaat yang kita dapatkan untuk tubuh kita. Mungkin semua orang sudah tahu bahwa sinar matahari di pagi hari sangatlah bagus untuk kesehatan kulit kita, tetapi manfaatnya ternyata lebih banyak lho.






Baca Juga : Manfaat Skipping

  • Mengurangi Resiko Kanker
Berjemur di pagi hari bisa mengurangi resiko terkena kanker. Kanker terjadi karena tubuh kekurangan vitamin D, sehingga menyebabkan kanker seperti kanker payudara dan usus besar. Dengan berjemur di pagi hari Anda bisa mendapatkan vitamin D yang banyak bagi tubuh anda sehingga mengurangi resiko kanker.


  • Meningkatkan Imunitas Tubuh
Imunitas tubuh bisa meningkat dikarenakan berjemur di pagi hari. Sel darah putih Anda akan meningkat karena terkena sinar matahari yang akan membantu mencegah penyakit atau infeksi pada tubuh Anda.


  • Meningkatkan Kualitas Tidur
Saat mata anda terpapar sinar matahari di pagi hari produksi melatonin pun akan meningkat. Melatonin adalah hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu untuk tidur. Sehingga jika mata anda terpapar sinar matahari di pagi hari itu akan memberi pesan terhadap hormon melatonin Anda untuk membuka sehingga Anda tidak mengantuk disaat siang hari dan disaat matahari terbenam hormon melatonin anda akan tertutup lagi dan akan menyebabkan kantuk.


  • Memperbaiki Kulit 
Kulit Anda pun akan menjadi semakin baik dengan berjemur, itu karena sinar matahari memberikan vitamin D untuk kulit kita. Vitamin ini membantu kulit memperbaiki  dengan merangsang sel kulit baru, sehingga kulit Anda akan menjadi lebih mulus jika Anda sering berjemur.


  • Meningkatkan Kesehatan Tulang
Sinar matahari mengadung sinar ultraviolet B, saat sinar ultraviolet B terkena kulit, kulit akan membentuk vitamin D3. Vitamin D yang langsung dari matahari bisa merangsang penyerapan kalsium dan fosfor  yang dapat menguatkan tulang. Saat kulit kita membentuk vitamin D menjadi D3 , kulit Anda dapat mengatur penyerapan kalsium sehingga dapat memadatkan tulang.

Baca Juga : Manfaat Berlari


Kapan sih waktu yang ideal untuk melakukan berjemur? Waktu yang ideal untuk melakukan berjemur adalah sebelum pukul 10 pagi. dan sebaiknya hindari berjemur pada pukul 10:00 - 16:00 karena dapat merusak kulit dan memicu kanker kulit, dan bukannya menyehatkan.





 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulit menurunkan berat badan? Ini penyebabnya!